Membuat Database Perusahaan Mysql dengan CMD

Disini saya akan membuat database perusahaan dengan Command Promt. Oke langsung kita bahas ya...

          1. Langkah pertama kita buka command promt dengan cara masuk ke kotak dialog Run (tekan tombol window + R) dan ketikkan cmd, kemudian tekan OK.

 

Dan ketika sudah di cmd, kita ketik “cd c:\xampp\mysql\bin” kemudian enter





2.    2.  Langkah kedua kita tulis lagi “>mysql –u root” kemudian enter. Setelah berhasil akan muncul tulisan seperti di bawah ini.




3.     3. Setelah itu tulis “show databases”  dan enter, maka akan muncul database seperti yang ada di bawah ini



4.         4. Kemudian kita akan create database perusahaan dan dengan cara mengetikkannya seperti di bawah ini. Dan enter maka akan tertera tulisan query ok, 1 row affacted. Tandanya query yang sudah kita buat berhasil



5.    5. Setelah membuat database perusahaan, kita masukkan perintah dengan mengetik “use perusahaan;”, tekan enter. Maka akan muncul tulisan “Database changed”




6.            6. Langkah selanjutnya kita akan membuat table pegawai dengan melakukan perintah “
Create table pegawai(“. Kemudian tekan enter.  Masukkan “NIP varchar (8) not null primary key, Nama char(30) not null, Alamat varchar(30) not null, Jenis_kelamin char(1) not null, Status varchar(25)); “ kemudian tekan enter. Pengertian varchar disini adalah untuk karakter angka dan huruf.  Sedangkan char adalah untuk angka. Dan yang di dalam kurung seperti (30) adalah pembatasan karakter/huruf. Jadi kalau inputan lebih dari  yang di dalam kurung, maka data tidak akan terinput.
Setelah itu akan muncul tulisan “query ok, 0 rows affected (0,67 sec)




7.      7. Setelah query ok, maka table sudah terbuat dengan nama pegawai. Jika ingin melihat table yang di buat anda bisa mengetik “desc pegawai;” tekan enter. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini




8.     8.  Jika ingin melihat table yang kita buat. Bisa mengetik “select * from pegawai” tekan enter. Bisa di lihat di bawah bahwa data belum di input dan masih kosong




9.     9. Selanjutnya kita bisa memasukkan data yang ingin kita isi dengan mengetik “insert into pegawai values” kemudian enter. Masukkan data (‘123456’,’Rysta’,’Duren Sawit’,’P’,’Belum Menikah”); dan enter maka akan muncul query ok, 1 row affected (0.09 sec).
Jika ingin memasukan data lagi tulis seperti tadi “insert into table pegawai values”






1  10. Langkah terakhir setelah data sudah kita masukkan, kita bisa melihat table tadi dengan cara mengetik “select * from pegawai;” maka akan muncul 10 data seperti di bawah ini.



Sekian pembahasan yang dapat saya sharing mengenai tutorial menjalankan Mysql dan bagaimana cara membuat database perusahan dan menjalankan di Comand Promt. Kurang lebihnya terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »